Saat ini,
blogging telah menjadi begitu populer di semua
kalangan. Mulai dari penulis, sampai kepada wartawan paling
berpengalaman, bahkan bisnis juga mulai memperhatikan bahkan
menggunakannya. Sebuah blog yang ditulis dengan baik dan sering
diperbarui
(update) dapat membantu memasarkan hampir semua jenis usaha.
Blogging
dapat membantu mencari target pasar dari produk atau jasa perusahaan
dan bisnis, dan dapat melacak apa yang mereka cari/butuhkan. Selain itu,
blogging dapat membantu menghubungkan perusahaan dan perusahaan lain
serta customer dengan sangat mudah.
Ada begitu banyak pembicaraan tentang blogging. Sebagian merasa bahwa blogging hanya
iseng-iseng,
tetapi yang lain merasa itu baru permulaan. Beberapa analis bisnis
merasa bahwa blogging tidak signifikan dalam membantu pasar bisnis
perusahaan. Namun, banyak perusahaan merasa bahwa ini tidak demikian
adanya. Blogging justru bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk branding
sebuah bisnis, membangun audience dan membantu link dalam perusahaan
lain bersama-sama.
Blogging
dapat membantu hampir setiap bisnis mengekspos pembaca mereka untuk
layanan mereka dan produk mereka. Kadang-kadang dengan blog, review
produk baru, dapat menciptakan minat berbeda. Blogging dalam sebuah
bisnis adalah membantu. Karena, blogging dapat membantu perusahaan
berbicara secara mendalam tentang produk, dan juga dapat memberikan
langkah demi langkah petunjuk tentang bagaimana suatu produk tertentu
dapat digunakan. Seorang pembaca, yang tertarik pada produk setelah
membaca tentang hal itu di blog, akan lebih cenderung untuk melakukan
penelitian produk serupa di Internet. Hal ini dapat menyebabkan konsumen
menemukan produk yang lebih tepat dan dapat menghemat waktu konsumen
saat berbelanja atau meneliti produk baru. Pada gilirannya, perusahaan
dapat menghemat waktu karena pelanggan yang telah membaca blog sudah
diberitahu tentang produk. Para pelanggan juga dapat membaca ulasan pada
produk dan layanan, yang dapat membantu dalam proses pembelian.
Satu hal besar tentang perusahaan menggunakan blog untuk produk dan
layanan mereka adalah bahwa sebuah blog memungkinkan perusahaan dan
pelanggan untuk berkomunikasi secara efektif. Pelanggan dapat membaca
blog dan mengomentari dengan segera. Ini memberikan umpan balik yang
baik bagi perusahaan dan mereka dapat mengetahui apa yang pelanggan
inginkan. Sebuah blog, selalu akan menyediakan tempat bagi pembaca untuk
meninggalkan komentar atau mengirim email ke penulis (kecuali pemilik
me-non aktifkannya). Ini adalah alat pemasaran yang baik untuk bisnis.
Orang-orang menikmati berkomunikasi tentang produk dan jasa yang mereka
inginkan dan akan memberikan tanggapan mereka baik berupa pengalaman
baik atau buruk dengan produk itu. Dan, blogging memberikan kesempatan
untuk melakukannya.
Blog juga dapat membantu memasarkan bisnis dalam skala yang lebih luas,
karena akan dimasukkan dalam mesin pencari. Ketika orang memasukkan kata
kunci tertentu di mesin pencari seperti Google, blog yang berisi
'kata-kata yang dicari' akan muncul. Ketika blog sering diperbarui,
mesin pencari akan terus memonitor blog tersebut, dan imbasnya akan
lebih banyak hits yang didapatkan. Akibat baiknya, akan lebih banyak
orang yang akan melihat blog dimana mungkin tidak melakukannya.
Ketika perusahaan menggunakan blog, maka perusahaan juga memiliki
kemampuan untuk menciptakan 'sensasi' di sekitar produk dan mempengaruhi
opini publik. Ini adalah alat yang sangat baik bagi perusahaan. Karena
popularitas besar dari blogging, ini bisa menjadi alat yang lebih
efektif daripada beberapa bentuk iklan. Pembaca lebih cenderung untuk
berbagi blog menarik dengan teman-teman mereka dan ini dapat membantu
perusahaan mendapatkan feedback tentang produk mereka.
Cara lain yang blogging lakukan untuk membantu memasarkan bisnis adalah
blog yang sering membantu posisi perusahaan itu sendiri sebagai pemimpin
dalam suatu bidang tertentu. Ini berarti bahwa mereka yang blog dapat
menunjukkan keahlian mereka tentang mata pelajaran tertentu dan kemudian
update informasi ini secara teratur. Blogging dapat membantu
menghasilkan lead dan mengirim pesan positif tentang perusahaan Anda
tanpa menghabiskan banyak uang untuk iklan. Pembaca dapat melihat blog
ini dan tahu bahwa mereka berhadapan dengan perusahaan yang berkualitas.
Perusahaan juga bisa menggunakan blog untuk membantu jaringan dengan
perusahaan lain yang pujian bisnis mereka. Hal ini menguntungkan karena
mereka dapat dengan mudah berbagi link dan pembaca akan melihat semua
blog yang berhubungan dengan apa yang mereka cari di Internet. Link
swapping sering digunakan dalam blogging, terutama dengan bisnis.
Blogging terbukti menjadi alat pemasaran yang menguntungkan bagi bisnis
di seluruh dunia. Sementara itu cara yang cukup baru bagi perusahaan dan
pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain. Blogging menyediakan
bentuk langsung dan unik dari iklan bagi perusahaan. Pelanggan dapat
membaca dan meneliti produk dan layanan melalui blogging dan perusahaan
dapat lebih memahami apa yang pelanggan mereka inginkan.
So, ... bagaimana dengan bisnis atau perusahaan Anda ? Masih belum memiliki blog ? Sungguh sayang sekali ...
sumber
Artikel keren lainnya: